MENCETAK SARJANA YANG BERKUALITAS

Oleh: Nur Nasya Payapo, S.Pd

Jumat, 27 Maret 2015 adalah masa-masa menegangkan bagi mahasiswa STIKOM Ambon khususnya Program Studi Sistem Informasi. Selama kurang lebih 5 jam mereka harus mengikuti seminar ujian proposal. Usulan penelitian skripsi yang telah mereka susun selama beberapa bulan harus dipertahankan di hadapan tiga dosen penguji dan para mahasiswa sebagai peserta. Selain harus menjawab pertanyaan-pertanyaan dari dosen penguji, mereka juga harus dapat memberi penjelasan secara memuaskan untuk para peserta.

 

 

 

 

 

aaa

 

 

Suasana menegangkan terasa menyelimuti peserta ujian seminar proposal sepanjang ujian proposal berlangsung. Bagaimana tidak, nasib mahasiswa untuk dapat lulus proposal mati-matian mereka perjuangkan di hadapan para penguji. Beberapa pertanyaan diajukan berdasarkan kelemahan-kelemahan penelitian, atau sekedar menguji pemahaman si penyusun untuk memastikan kemandirian dan tidak adanya unsur plagiat.

Namun dalam seminar ujian proposal seperti ini banyak sekali pengetahuan mengenai dunia IT yang dipelajari mahasiswa. Selain diharuskan memahami, kritis dan berkreasi, mereka juga tidak boleh cepat menyerah oleh tekanan di awal-awal waktu. Semua dituntut gigih memperjuangkan eksistensi ide dan kreasinya. Kritikan dan masukan adalah pupuk nabati yang akan menyuburkan daun-daun pengalaman keilmuwan yang sangat bermanfaat di masa depan.

sss

Dalam seminar ujian proposal yang pertama kali ditemui tahun ini adalah bervarasinya jenis penelitian yang digunakan oleh mahasiswa dalam skripsi mereka. Tidak hanya penelitian perancangan yang dipergunakan, tetapi ada juga mahasiswa yang memilih jenis penelitian analisis pemodelan.

Para penguji seminar proposal memberikan kritikkan dan motivasi untuk membangun Character Building and Deep Thinking  kepada peserta agar mampu berfikir secara kritis. Hal itu membuat dosen-dosen yang lain menjadi tenang dan yakin akan kesuksesan seminar ujian proposal kali ini. Semoga semua ini berbuah pada lahirnya generasi pecinta dunia IT di masa depan.