Mahasiswa STIKOM Tularkan Ilmu Di Buru

Oleh: Nur Nasya Payapo, S.Pd

 

Setelah sukses mengadakan ‘Serbuan’ di sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Madrasyah Aliyah (MA) di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Maluku Tengah  pada tanggal 9 Januari 2015 lalu, mahasiswa  STIKOM Ambon yang tergabung dalam tim STIKOMSERBUSEKOLAH kembali membagi ilmunya di sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Madrasyah Aliyah (MA) di Kabupaten Buru.

Kegiatan yang dilakukan sejak tanggal 4 Maret 2015 sampai dengan 13 Maret 2015 berupa sosialisasi dan pelatihan Informai dan Teknologi (IT). Mahasiswa STIKOM dilibatkan secara langsung  dalam berbagi ilmu kepada para siswa-siswi. Ada 4 orang mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini. Merekalah yang menyusun konsep kegiatan dari awal hingga akhir di bawah bimbingan bagian kemahasiswaan. Semuanya merupakan gabungan dari beberpa program studi yakni S1 Prodi Teknik Informatika, S1 Prodi Sistem Informasi, D3 Prodi Menejemen Informatika, dan D3 Prodi Komputerisasi Akuntansi.

Terpilih 13 sekolah yang dikunjungi untuk diadakannya soialisasi tersebut. Dalam kegiatan ini pemateri melakukan sharing ilmu yang berhubungn dengan informasi dan teknologi. Materi yang diberikan yaitu materi yang selama ini mereka dapatkan pada saat perkuliahaan. Misalnya Photoshop, Optimalisasi Komputer, dan Animasi 2D. Kegiatan ini mendapat respon yang sangat baik dari pihak sekolah, karena kegiatan ini dikemas secara edukatif, informative, dan fun. Sehingga dijamin  para peserta yang terlibat langsung dalam kegiatan ini pasti akan merasa tertarik untuk belajar tentang dunia IT.

Sekolah pertama yang dikunjungi oleh tim STIKOMSERBUSEKOLAH adalah SMA Negeri 1 Namlea. Tim STIKOMSERBUSEKOLAH disambut langsung oleh Kepala Sekolah Ambon dan jajaran guru dan berkesempatan untuk sharing dengan siswa dan siswi dari kelas  XII mengenai dunia IT. Dalam ‘Serbuan’ perdananya, Finsenti. O. Letsoin  mahasiswa STIKOM Ambon dari prodi Teknik Informatika berkesempatan menjadi pemateri. Dengan materi ‘Optimaliasi Komputer, Okto mengajak para siswa siswi untuk mengenal lebih jauh teknologi yang saat ini sangat populer dan berguna termasuk di dunia pendidikan ini. Siswa-siswi secara aktif mengikuti kelas STIKOMSERBUSEKOLAH dan secara proaktif mengikuti kegiatan diskusi dan tanya jawab

eeeee

                                             Finsenti. O. Letsion  (Prodi Teknik Informatika) saat memberikan

                                                               materi tentang Optimalisasi Komputer

 

Ada juga Kholid Indra Hamid, mahasiswa Teknik Informatika menjadi pemateri pada saat sosialisasi. Ia membawakan materi mengenai Photoshop. Peserta  sangat antusias pada saat penyampaian materi. Bahkan banyak di antara mereka yang menyodorkan Flash-Disk dan minta untuk dikopikan materi yang dibawakan olehnya. Ada juga yang meminta nomor kontaknya untuk bisa berkonsultasi mengenai materi yang dibawakannya itu.

 

nnnn

                                         Kholid Indra Hamid (Prodi Teknik Informatika) saat memberikan

                                                                             materi tentang Photoshop

 

Dengan adanya kegiatan ini, selain melatih mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang didapat selama perkuliahan, mahasiswa juga dapat memiliki kegiatan di luar kampus. Salah satu pemateri, mahasiswa program studi Teknik Informatika Finsenti. O. Letsion, merasa senang bisa ikut terlibat dalam kegiatan ini. Dirinya mengaku, selain berbagi ilmu, respon daripada para peserta juga positif.

Besar harapan, mahasiwa yang ikut serta dalam kegiataan ini agar terus dikembangkan dan di pertahankan oleh STIKOM guna menjadi kegiatan rutin tahunan. Semoga STIKOM dapat berkontribusi pada dunia Pendidikan.. Salam sukses

 

STIKOM SERBU SEKOLAH (TUAL)

BELAJAR DARI YANG TERBAIK

Dalam rangka mendorong angka melek IT di Propinsi Maluku khususnya di Kota Tual, STIKOM Ambon kembali melaksanakan kegiatan sosialisasi yang di beri nama STIKOMSERBUSEKOLAH. Mahasiswa STIKOM Ambon yang tergabung dalam tim STIKOMSERBUSEKOLAH kembali membagi ilmunya di sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Madrasyah Aliyah (MA) yang berada di  Kabupaten Maluku Tenggara Barat (Tual).

Sekolah yang menjadi pembuka STIKOMSERBUSEKOLAH adalah SMA Negeri 1 Tual dengan jumlah siswa yang mengikuti kelas STIKOMSERBUSEKOLAH sebanyak 85 orang dari kelas  XII. Tim STIKOMSERBUSEKOLAH pagi itu disambut langsung oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tual dan jajaran guru dan berkesempatan untuk sharing dengan 85 siswa dan siswi dari kelas  XII mengenai dunia IT. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 16 Maret sampai 22 Maret 2015.

Tim STIKOMSERBUSEKOLAH mampu mengobarkan semangat siswa siswi SMA Negeri 1 Tual dengan berbagai informasi tentang dunia IT. Disini mahasiswa STIKOM dilibatkan langsung berbagi ilmu kepada para peserta. Mahasiwa peserta sosialisasi merupakan gabungan dari 4 Program Studi yaitu S1 Prodi Teknik Informatika, S1 Prodi Sistem Informasi, D3 Prodi Menejemen Informatika, dan D3 Prodi Komputerisasi Akuntansi.

Terpilih 14 sekolah yang dikunjungi untuk diadakannya soialisasi tersebut. Dalam kegiatan ini pemateri melakukan sharing ilmu yang berhubungn dengan informasi dan teknologi. Materi yang diberikan yaitu materi yang selama ini mereka dapatkan pada saat perkuliahaan. Misalnya Photoshop, Optimalisasi Komputer, dan Animasi 2D. Kegiatan ini menuai respon yang sangat baik dari pihak sekolah, karena kegiatan ini dikemas secara edukatif, informative, dan fun. Sehingga para peserta yang mungkin sudah merasa tegang setelah belajar di kelas mereka dengan mudah menerima meteri yang diberikan oleh pemateri.

ccc

Pemateri pada kesempatan hari itu adalah mahasiswi dari jurusan Teknik Informatika, Finsenti Okto Letsoin. Okto membawakan materi mengenai Optimalisai Komputer dan mendapat sambutan sangat meriah dari para siswa. Tampak eksperesi senyum gembira dan optimis dari wajah siswa siswi dan kemudian membawa suasana penuh dengan berbagai pertanyaan dari siswa yang masih penasaran dengan informasi yang lebih lengkap.

Beragam tanggapan positif tentang kegiatan ini pun bermunculan. Beberapa siswa SMA Negeri 1 Tual, menyatakan bahwa acara ini dikemas cukup menarik sosialisai serta bermanfaat sehingga dapat menambah wawasan mereka mengenai pemanfaatan teknologi informasi. Selain tanggapan dari para siswa tersebut, masukan positif juga diungkapkan oleh salah seorang panitia yakni Riska Listyana Panca Dewi, S.H. Menurutnya, dengan adanya pelatihan seperti ini, maka kelak para siswa akan semakin terampil dalam dunia IT. Untuk menghadapi persaingan dunia kerja kedepan, maka generasi muda Maluku khususnya Tual harus mengikuti perkembangan teknologi sehingga memiliki nilai lebih untuk bersaing di dunia kerja dan membangun Maluku kedepannya.