IMG-20160618-WA0001

Ambon – Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Ambon, baru-baru ini ditunjuk untuk memberikan pelatihan di bidang teknologi informasi dalam rangka peningkatan layanan pemasyarakatan berbasis teknologi informasi pada petugas pemasyarakatan. Pelatihan yang dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada Rabu (27/04). ini bertujuan untuk peningkatan kompetensi sebagai petugas pemasyarakatan dibidang layanan Pemasyarakatan berbasis teknologi informasi.

Pelatihan yang diberikan ini didukung oleh instruktur yang handal dalam bidang IT yang juga merupakan tenaga pengajar di STIKOM Ambon yang berlatar belakang pendidikan IT yang berasal dari dalam dan luar negeri. Dalam pelatihan diberikan materi tentang internet, troubleshoot computer, dasar jaringan komputer, dan aplikasi perkantoran yang didalamnya terdapat dasar word, excel dan power point dimana setiap peserta mendapatkan modul yang diberikan APTIKOM serta diberi kesempatan untuk langsung mempraktekkan apa yang telah dipaparkan oleh instruktur. Pada pelatihan ini Kemenkumham akan memberikan sertifikat ke operator UPT dan instrukturnya sebagai bentuk apresiasi untuk kerja samanya dalam menerima dan memberi materi.

Stikom Ambon yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta informatika dan komputer di Maluku ini merasa bertanggung jawab penuh kepada masyarakat dan juga pemerintah sebagai wujud optimalisasi pengabdian Perguruan Tinggi pada masyarakat guna mewujudkan masyarakat yang paham teknologi dalam menyongsong era globalisasi.

Stikom Ambon yang berada dibawah naungan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) ini ditunjuk untuk menjalankan tanggungjawab sebagai bhakti Perguruan Tinggi.  Dan Penandatanganan penjanjian kerja sama itu telah di tanda tangani oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Ambon Priyadi dengan Ketua Stikom Ambon pada Rabu (27/04).

Kerja sama ini merupakan suatu tindak lanjut sehubungan dengan telah ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) di Jakarta tentang Bhakti Perguruan Tinggi dalam peningkatan layanan pemasyarakatan berbasis teknologi informasi

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini para petugas pemasyarakatan  dapat berpacu dan bekerja cepat dengan menggunakan teknologi serta dapat dimplementasikan pada pekerjaannya dalam menjalankan tugasnya dengan baik  untuk mewujudkan pegawai yang terampil dan cerdas dengan berbasis teknologi dan informasi.