Ambon-  Dalam Rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam ketrampilan berbahasa inggris dan berargumentasi untuk berinteraksi dengan masyarakat interasional serta menambah wawasan mahasiswa dalam menangani isu-isu global yang terjadi saat ini, agar kelak menjadi insan yang cerdas dan kompetitif, sehingga dapat bersaing di era global saat ini. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Indonesia menggelar debat Bahasa Inggris. Dikemas dalam agenda, National University Debating Championship (NUDC) 2016 yang pada tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal  31 Juli  s.d. 5 Agustus 2016 bertempat di Unversitas Mercubuana Jakarta

Sehubungan dengan hal tersebut pada tanggal 16 – 17 Juni 2016 Kopertis Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara menyelenggarakan National University Debating Championship (NUDC) Tingkat Wilayah yang bertempat di Hotel Marina Ambon. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 14 Tim dari masing-masing Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah Maluku dan Maluku Utara, yang ditambah dengan 4 tim swing dari Universitas  Pattimura  Ambon.

Stikom ambon merupakan salah satu Perguruan tinggi swasta yang juga ikut serta dalam NUDC. Tim STIKOM Ambon terdiri dari Suriyatman (Prodi.Sistem Informasi), Nurhayati Narwawan (Prodi. Komputer Akuntansi) dan 1 adjudicator Sepsi Caroline (Dosen).

Pada pelaksanaan debat ini para peserta melewati proses seleksi yang terbagi dalam empat round, para peserta harus bersaing dan beradu argumen dengan peserta lainnya, Tim Stikom mengikuti round I sebagai Closing Oppsition, kemudian round II sebagai Closing Goverment, dan round III sebagai opening Government,  para peserta yang mengikuti NUDC begitu terlihat sangat antusias.

Usai melewati berbagai  tahap seleksi, terpilih empat tim terbaik yang  melanjutkan ke babak grand final pada Jumat (17/6) bertempat di Hotel Marina Ambon. Para peserta yang lolos pada tahap seleksi masuk ke Grand Final adalah Universitas Pattimura, Universitas Pasifik Morotai, universitas Khairun Ternate, dan Universitas Muhammadiyah Ternate.

Kouta Kopertis Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara pada tahun ini dipersempit menjadi 6 kouta tidak seperti tahun lalu yang menyediakan sebanyak 8 kouta, Sehingga hanya 6 kouta yang mewakili Kopertis Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara, Dengan demikian yang mewakili Maluku adalah Universitas Pattimura, Universitas Kristen Maluku, dan Stikom Ambon; Dan mewakili Maluku Utara adalah Universitas Pasifik Morotai, Universitas Khairun Ternate, Universitas Muhammadiyah Ternate.

Dengan menjadi salah satu perwakilan NUDC Maluku, STIKOM Ambon yang merupakan perguruan tinggi swasta yang fokus pada IT, juga merasa bangga atas prestasi yang dicapai oleh kedua Mahasiswa ini. Ini tidak terlepas dari dukungan Dosen yang juga mendampingi, membimbing  serta memberikan mereka motivasi selama berkuliah di Stikom Ambon. Dengan prestasi ini Stikom Ambon berharap kedepannya mahasiswa yang menimba ilmu di sini dapat meningkatkan prestasi yang lebih baik lagi untuk kemajuan dan mewujudkan Maluku yang berkualitas yang siap memajukan IT dalam menyongsong Era globalisasi.