Pada hari Sabtu tanggal 1 oktober 2016, kampus STIKOM AMBON mengadakan Ospek mahasiswa baru angkatan ke lima dengan tema “Melalui Kegiatan Ospek Stikom Ambon Tahun 2016  Kita Tingkatkan Kepedulian Terhadap Generasi Maluku Yang Berintegritas Dan Berkualitas Melalui Dunia IT”. Kegiatan ospek yang bertepatan dengan hari kesaktian pancasila ini berjalan lancar dan dipenuhi antusiasme para maba sejak dimulai dari pukul 08.00 WIT hingga selesai.

Ospek dibuka dengan menyanyikan lagu Himne STIKOM AMBON dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. Kemudian sebagai ketua panitia pelaksana ospek Stikom Ambon tahun 2016, Sandy Saputra Santono menyampaikan laporan yang disusul dengan sambutan dari bapak ketua Stikom Ambon. Setelah itu ketua Stikom Ambon menyematkan jas almamater pada empat orang mahasiswa baru perwakilan  dari keempat program studi  sebagai tanda resminya mereka menjadi mahasiswa di kampus Stikom Ambon. Selanjutnya kelompok paduan suara STIKOM AMBON menyanyikan mars Stikom Ambon bersamaan dengan ketua stikom ambon, ketua yayasan dan para kepala program study yang meninggalkan ruangan yang menandakan berakhirnya acara inti.

3

Tanpa adanya anarkisme dan perploncoan kegiatan Ospek STIKOM AMBON diisi dengan berbagai workshop dan pengenalan jurusan dari berbagai prodi, para mahasiswa senior dan mahasiswa baru juga diperkenankan untuk menampilkan bakat yang mereka miliki serta pameran hasil karya mahasiswa stikom dan pemutaran film pendek. tidak hanya itu, hampir di semua sesi workshop dan pengenalan jurusan diselingi dengan game dan doorpize sehingga menambah antusiasme dari para maba.

Sekitar pukul 03.00 WIT  para mahasiswa senior yang bergabung dalam kepanitiaan ospek memperkenalkan diri dan menyanyikan lagu ‘Kemesraan Ini’ bersama-sama menandakan berakhirnya acara ospek Stikom Ambon tahun 2016 yang ditutup dengan doa bersama.

Semoga kegiatan ospek STIKOM AMBON yang mempelopori kegiatan ospek tanpa perploncoan di maluku ini dapat memberikan inspirasi bagi setiap perguruan tinggi agar menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para mahasiswa baru yang merupakan generasi muda penerus bangsa, sehingga para mahasiswa mampu menapaki jenjang baru pendidikan tanpa melalui tindakan-tindakan yang berefek pada mental mereka. Sukses selalu STIKOM AMBON.