Selain aktif mengikuti kegiatan kuliah di kampus STIKOM, mahasiswa-mahasiswi STIKOM juga  aktif mengikuti kegiatan di luar kampus termasuk kompetisi-kompetisi antar kampus di Provinsi Maluku. Salah satunya, yang baru saja lewat yaitu ‘Debat Mahasiswa’ yang diselenggarakan oleh KOPERTIS WILAYAH XII Maluku dan disiarkan oleh TVRI Maluku.

       Delegasi debat yang dikirim oleh STIKOM Ambon dan mewakili kampus pada debat melawan AKPER Latumeten antara lain Rizki L. Tobing (TI), Anna Simatauw (TI), Hanna Ratupaira (TI), Purnawan Bugis (TI), Christy Natalia Kaihatu ( TI), Dedi Masuku (TI), Alfian Eli (SI), Safia Hasan (MI), Greamaldy Unawekla (MI), Agnes Kainama (MI), Martin Hamonangan Hutapea (MI), Muhammad Fajrin Layn ( MI), Nusra Samual (KA), Ariyani (KA),  dan Anna Tres Supusepa (SI).

       “ Waktu itu tema debatnya adalah ‘Mencari Sosok Pemimpin Maluku Masa Depan’, kita bertarung di dua babak dimana babak pertama kita diminta menjawab pertanyaan ‘apakah untuk mencalonkan diri diperlukan kekayaan pribadi sebagai modal?’ Kegiatan debat ini sangat berguna bagi kami untuk menunjukkan kemampuan debat mahasiswa STIKOM yang mungkin saja di benak beberapa orang hanya mampu di bidang praktek. Tapi lewat kegiatan debat kami menunjukkan bahwa kami mampu berdebat.”  Anna Simatauw (TI).

        Dalam debat yang berlangsung di TVRI Ambon ini kampus STIKOM  Ambon berhasil keluar sebagai tim pemenang atas AKPER Latumeten. Kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi seluruh delegasi  STIKOM Ambon yang mewakili kampus dan mereka siap untuk bertarung di babak debat selanjutnya melawan kampus lain.