Sebagai wujud kepedulian dalam memerangi penyebaran virus Covid-19 sekaligus membantu kesulitan warga dalam mendapatkan masker terkait instruksi wajib masker. Program ini dilakukan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Ambon sebagai kegiatan sosial pengabdian Kepada Masyarakat dibawah naungan Kemahasiswaan STIKOM Ambon.

Kegiatan sosial yang dilakukan yaitu  membagikan 2000 masker kain kepada masyarakat Kota Ambon. Pembagian masker ini ditargetkan berlangsung selama 1 minggu yang dilakukan di beberapa titik di kota Ambon.

Aksi Bagi-bagi masker ini dipimpin oleh Penanggung Jawab Bidang Kemahasiswaan Nabila Payapo, S.Pd., M.Kom bersama KETUA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA Rowan Daflix Syaranamual, S.Si., M.Si, KETUA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI M.Ikbal Siami, M.Cs, KETUA PROGRAM STUDI KOMPUTERISASI AKUNTANSI PERPAJAKAN F.J. Maitimu, SE., M.Si  Dan KETUA PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA Rahmawati Rumau, S.Pd., M.Kom.

Mereka dibantu oleh beberapa Staf dan Para dosen STIKOM Ambon juga beberapa Mahasiswa/i STIKOM Ambon, membagikan masker kepada para pengendara sepeda motor, mobil serta penumpang angkutan umum becak dan angkot yang melintas, saat lampu merah menyala. 

Selain itu, masyarakat setempat yang berada dilokasi juga turut diberikan masker. “Ada 2000 masker yang kita bagikan kepada pengendara  yang melintas dan masyarakat,” Sebut Nabila Payapo disela pembagian masker. 

Kegiatan ini, terang Nabila, sebagai bentuk nyata kepedulian dari STIKOM Ambon untuk ikut serta menekan penyebaran Covid-19 khususnya kota Ambon. “Masker merupakan salah satu pertahanan untuk menjaga diri dari penyebaran dan penularan Virus Corona, Kami sangat berharap, masker ini bisa selalu dipakai oleh masyarakat, sebagai alat pelindung mulut, saat berinteraksi dengan orang lain. Baik saat berada dilingkungan rumah maupun kerja, agar terhindar dari infeksi corona,” imbuhnya.

Sementara Pak Maitimu juga mengatakan, kegiatan ini adalah instruksi langsung dari Pimpinan STIKOM Ambon sebagai dukungan terhadap pemerintah Provinsi Maluku terkait himbauan mewajibkan seluruh masyarakat Kota Ambon menggunakan masker. Beliau juga berharap, semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh dan memotivasi masyarakat untuk bersama bahu membahu melawan corona. 

Kegiatan pembagian masker ini sudah berlangsung selama 2 hari di beberapa titik. Hari pertama Senin, 20 April 2020 dilakukan di titik Jl.A.Y. Patty, lampu Merah depan Kantor Pengadilan dan daerah depan Gong Perdamaian. Hari kedua, dini hari Selasa 21 April 2020 dilakukan di Lampu merah Depan Mesji Al-Fatah Ambon.  Untuk hari berikutnya akan direncanakan dilakukan dibeberapa titik yang paling sering dilewati oleh masyarakat baik itu kendaraan roda dua, becak dan angkutan umum.