Visi
“Menghasilkan tenaga terampil dibidang manajemen informatika yang unggul di bidang pemrograman komputer dan mampu berdaya asing di wilayah Indonesia Timur pada tahun 2020”.
Misi
- Menyelenggarakan dan melaksanakan program pendidikan dengan keunggulan dibidang pemrograman komputer (Web master, internet network, security computer, multimedia dan design grafis) yang profesional.
- Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas dalam rangka mendukung proses pendidikan dan pengajaran untuk pengembangan dibidang Manajemen Informatika.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dibidang manajemen informatika melalui berbagai program penerapan teknologi terhadap masyarakat.
- Mempersiapkan lulusan untuk dunia industri dan wirausaha dengan menyediakan sarana dan prasarana yang baik dan mendukung proses pembelajaran dan pendidikan yang kondusif.
- Membangun kerjasama dengan berbagai instansi dalam maupun luar negeri yang relevan dengan manajemen informatika untuk meningkatkan kualitas mutu lulusan.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan ahli madya komputer yang mempunyai keahlian dibidang pemrograman komputer (Web master, internet network, security computer, multimedia dan design) yang profesional serta mampu bersaing di wilayah Indonesia Timur.
- Menghasilkan karya penelitian dalam bidang manajemen informatika yang diakui ditingkat lokal dan nasional.
- menghasilkan karya-karya dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat dibidang manajemen informatika yang bermanfaat bagi masyarakat diwilayah Indonesia Timur.
- Menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung tercapainya hasil pembelajaran yang optimal.
- Menghasilkan kerjasama dengan berbagai instansi dalam dan luar negeri dalam keberlanjutan program studi dan lulusan.
Sasaran
NO | SASARAN STRATEGIS |
PROGRAM |
KEGIATAN |
PELAKSANAAN 2016 S/D 2020 | ||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | ||||
1 | Peningkatan mutu SDM | Program peningkatan sumber daya manusia dosen | 1. Dosen Studi Lanjut S3 | – | 1 orang | 2 Orang | – | – |
2. Jabatan Fungsional Dosen Asisten Ahli | 3 orang | – | 4 orang | – | – | |||
3. Jabatan Fungsional Dosen Lektor | – | – | 1 orang | 1 orang | ||||
4. Pelatihan kompetensi dosen dalam peningkatan pelaksanaan Tri Dharma | 3 Pelati-han | 3
Pelati-han |
4
Pelati-han |
4
Pelati-han |
4 Pelati-han | |||
5. Penambahan jumlah dosen sesuai dengan bidang keahlian untuk semua program studi | 2 dosen | 2 dosen | 8 dosen | 2 dosen | – | |||
6. Dosen sebagai pemateri seminar di luar kampus | 2 orang | 2 orang | 4 orang | 4 orang | 6 orang | |||
Pelatihan peningkatan kompetensi tenaga pendidikan | 1. Studi Lanjut S-2 | 2 orang | 2 orang | 2 orang | 2 orang | 2 orang | ||
2 | Peningkatan Mutu Lulusan | Program peningkatan kompetensi dan mutu lulusan | 1. Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan disesuaikan dengan rasio mahasiswa | 70% | 80% | 85% | 90% | 95% |
2. Mengikuti kuliah singkat dengan mengundang dengan staf ahli | 2 X | 2 X | 2 X | 2 X | 2 X | |||
3. Pelatihan penulisan karya ilmiah | 1 X pelati-han | 1 X pelati-han | 1 X pelati-han | 1 X pelati-han | 1 X pelati-han | |||
4. Pengoptimalan peran serta unit kegiatan mahasiswa (UKM) dalam peningkatan prestasi mahasiswa di bidang akademik dan non akademik | 80 % mahasi-swa yang aktif dalam UKM meraih prestasi di dalam kampus | 80 % mahasi-swa yang aktif dalam UKM meraih prestasi di luar kampus | 80 % mahasi-swa yang aktif dalam UKM meraih prestasi di luar kampus | 85 % mahasi-swa yang aktif dalam UKM meraih prestasi di luar kampus | 90 % mahasi-swa yang aktif dalam UKM meraih prestasi di luar kampus | |||
5. Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian dosen | 10% dari total mahasiswa terlibat | 20% dari total mahasiswa terlibat | 25% dari total mahasiswa terlibat | 30% dari total mahasiswa terlibat | 35% dari total mahasiswa terlibat | |||
6. Seminar penguatan kompetensi mahasiswa | 4 Keg | 4 Keg | 4 Keg | 4 Keg | 4 Keg | |||
Program pengutan kurikulum berbasis kompetensi dan KKNI | 1. Peninjauan kurikulum | – | – | – | 1 X | – | ||
2. Studi banding | – | – | 1 X | 1 X | 1 X | |||
Peningkatan suasana akademik | 1. Rasio staf pengajar dan jumlah mahasiswa | 1:6 | 1:7 | 1:10 | 1:15 | 1:20 | ||
2. Peningkatan fasilitas Laboratorium dalam mencapai visi Misi | 80% | 85% | 90% | 90% | 95% | |||
3. Pengembangan layanan Perpustakaan | terotomasi | Penambahan jumlah buku | Penambahan jumlah buku | Penambahan jumlah buku | Penambahan jumlah buku | |||
4. Peningkatan jumlah pengunjung perpustakaan | 80% dari total mahasiswa | 85% dari total mahasiswa | 90% dari total mahasiswa | 90% dari total mahasiswa | 95% dari total mahasiswa | |||
5. Ruang diskusi bagi mahasiwa di kampus | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | |||
6. Peningkatan jumlah bacaan, jurnal dan majalah di perpustakaan | 75% | 80% | 85% | 85% | 90% | |||
3 | Penguatan image yang baik dari masyarakat untuk keseimbangan biaya pendidikan bersaing | Program kerjasama dengan pendidikan tinggi dan institusi dalam dan luar negeri | 1. Peningakatan jumah kerjasama | 2 keg | 2 keg | 2 keg | 2 keg | 2 keg |
2. Dies natalis dengan owner dan stakeholder | 1 keg | 1keg | 1keg | 2keg | 2keg | |||
3. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat | 12 kegiatan | 12 kegiatan | 14 kegiatan | 14 kegiatan | 15 kegiatan | |||
4 | Memanfaatkan legalitas untuk menarik pendapatan masyarakat guna pengembangan perguruan tinggi | Program aksessabili-tas kesempatan mansyara-kat memanfaatkan institusi | 1. Pengembangan Penelitian dosen | 1
penel-itian/thn |
2 penelitian/th | 2 penelitian/th | 2 penelitian/th | 2 penelitian/th |
2. Jurnal kampus (Jikomstik) | √ | – | – | – | Terakreditasi dikti | |||
3. Keterlibatan institusi dalam perlombaan atau festival akademik yang diadakan piha luar | 5 keg | 5 keg | 7 keg | 7 keg | 8 keg | |||
Program keadilan pemerataan pendidikan tinggi | 1. Promosi penerimaan mahasiswa baru | 30 keg | 35 keg | 40 keg | 45 keg | 50 keg | ||
2. Optimalisasi fungsi unit pelayanan akademik (Peningkatan Kapasitas Hosting dalam MB) | 80% | 80% | 85% | 90% | 90% | |||
Program kemitraan pengembangan pendidikan tinggi berkelanjutan | 1. Aplikasi pendekatan ilmu melalui PKL disesuaikan dengan Kondisi lokasi | 1keg | 1 keg | 1 keg | 2 keg | 2 keg | ||
2. Memasyarakatkan hasil Penelitian melalui dikti | 1 keg | 1 keg | 2 keg | 2 keg | 2 keg | |||
5 | Pengembangan berkelanjutan | Status institusi bagi masyarakat | 1. Peningakatn status akreditasi kampus | – | – | Terakerditasi Baik semua program studi | Terakreditasi Baik Institusi | – |
Program optimalisasi unit penunjang pelayanan akademik | 1. Pengembangan standarisasi sarana dan prasarana akademik | 80% | 80% | 85% | 90% | 90% | ||
2. Pelatihan penyusunan laporan keuangan | 1 keg | 1 keg | 1 keg | 2 keg | 2 keg |
Profil Lulusan
– Multimedia Designer
– Web Analyst and Developer
– Programmer and Computer Network Administrator
– System Analyst and Software Designer
Database Administrator
Keahlian Lulusan
– Menguasai sistem data base berbasis informasi
-Mampu melakukann perancangan dan Pengembangan Website, memadukanya dengan unsur multimedia, menggunakan aplikasi internet dengan program php dan.net
– Mampu membuat aplikasi multimedia seperti aplikasi tutorial, aplikasi game menggunakan Macromedia Flash, rekayasa gambar komponen multimedia (text, grafik, audio, vidio, dan animas
– Mampu merancang dan membangun sistem informasi
– Mampu menganalisa dan merancang sitem informasi berbasis komputer, membuat aplikasi bisnis, mengatur DBMS Oracle
– Mampu merancang dan mengatur jaringan komputer
– Memiliki etika dan moral, serta bertaqwa kepada Tuhan Yang maha esa
Profesi
Perancang Multimedia, Pengembang Web, Analis Web dan sistem, Programmer komputer, Administrator jaringan, Perancang software, Teknisi, Laboran
Prospek Lulusan
Bidang Ilmu Manajemen Informatika merupakan bidang yang selalu berkembang dan sangat dibutuhkan dalam mengisi formasi kerja baik sektor formal dan informal. Disektor formal misalnya di Instansi Pemerintah, Perbankan, Perusahaan swasta dan pemerintah, pendidikan dan latihan. Sedangkan di sektor informal dapat menjadi pemain utama dalam industry jasa IT, pengembang web, pengembang sistim informasi perusahaan dan lembaga, dan trader.