Visi
“Menghasilkan tenaga terampil dibidang komputerisasi akuntansi yang unggul dibidang perpajakan dan mampu berdaya saing diwilayah Indonesia Timur pada tahun 2020”
Misi
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan karya-karya inovatif dengan keunggulan perpajakan untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang komputerisasi akuntansi.
- Menghasilkan penelitian yang berkualitas dari hasil karya-karya inovatif dan dapat memberikan manfaat untuk kemajuan ilmu komputerisasi akuntansi.
- Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk pendistribusikan ilmu pengetahuan bagi masyarakat diwilayah Indonesia Bagian Timur.
- Menjalin kerjasama dengan instansi dalam maupun luar negeri untuk meningkatkan kompetensi lulusan, mitra penelitian dan pengabdian masyarakat.
Tujuan
- Meningkatkan mutu lulusan dengan keunggulan dibidang perpajakan serta mampu mengoperasikan dan membuat aplikasi komputerisasi akuntansi sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
- Mengembangkan karya-karya inovatif dari dosen dan mahasiswa untuk dijadikan studi penelitian.
- Meningkatkan nilai guna penelitian dalam bentuk pengabdian masyarakat.
- Meningkatkan jumlah dan kualitas kerjasama dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Sasaran dan Strategi Pencapaian
NO | SASARAN STRATEGIS |
PROGRAM |
KEGIATAN |
PELAKSANAAN 2016 S/D 2020 | |||||||
2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | |||||||
1 | Peningkatan mutu SDM | Program peningkatan sumber daya manusia dosen | 1. Dosen Studi Lanjut S3 | – | – | 1 orang | – | – | |||
2. Jabatan Fungsional Dosen Asisten Ahli | – | 1 orang | 2 orang | 2 orang | – | ||||||
3. Jabatan Fungsional Dosen Lektor | – | – | – | 1 orang | 1 orang | ||||||
4. Pelatihan kompetensi dosen | 3 Pelati-han | 3
Pelati-han |
4
Pelati-han |
4
Pelati-han |
4 Pelati-han | ||||||
Pelatihan peningkatan kompetensi tenaga pendidikan | 1. Studi Lanjut S-2 | 2 orang | – | – | – | – | |||||
2 | Peningkatan Mutu Lulusan | Program peningkatan kompetensi dan mutu lulusan | 1. Sarana prasarana penunjang pembelajaran (pengadaan infokus di setiap ruang kelas, kecukupan buku di perpustakaan, internet penunjang) | 70% | 80% | 85% | 90% | 95% | |||
2. Mengikuti kuliah singkat dengan mengundang dengan staf ahli | 2 X | 2 X | 2 X | 2 X | 2 X | ||||||
3. Pelatihan penulisan karya ilmiah | 1 X pelati-han | 1 X pelati-han | 1 X pelati-han | 1 X pelati-han | 1 X pelati-han | ||||||
4. Seminar penguatan kompetensi mahasiswa | 4 Keg | 4 Keg | 4 Keg | 4 Keg | 4 Keg | ||||||
Program pengutan kurikulum berbasis kompetensi dan KKNI | 1. Peninjauan kurikulum | – | – | – | 1 X | – | |||||
2. Studi banding | – | – | 1 X | 1 X | 1 X | ||||||
Peningkatan suasana akademik | 1. Rasio staf pengajar dan jumlah mahasiswa | 1:6 | 1:7 | 1:10 | 1:15 | 1:20 | |||||
2. Peningkatan Laboratorium dalam mencapai visi Misi | 80% | 85% | 90% | 90% | 95% | ||||||
3. Pengembangan layanan Perpustakaan | terotomasi | Penambahan jumlah buku | Penambahan jumlah buku | Penambahan jumlah buku | Penambahan jumlah buku | ||||||
4. Peningkatan jumlah bacaan, jurnal dan majalah di perpustakaan | 75% | 80% | 85% | 85% | 90% | ||||||
3 | Penguatan image yang baik dari masyarakat untuk keseimbangan biaya pendidikan bersaing | Program kerjasama dengan pendidikan tinggi dan institusi dalam dan luar negeri | 1. Peningakatan jumah kerjasama | 2keg | 2keg | 2keg | 2keg | 2keg | |||
2. Dies natalis dengan owner dan stakeholder | 1 keg | 1keg | 1keg | 2keg | 2keg | ||||||
3. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat | 3 kegiatan | 3 kegiatan | 4 kegiatan | 4 kegiatan | 5 kegiatan | ||||||
4 | Memanfaatkan legalitas untuk menarik pendapatan masyarakat guna pengembangan perguruan tinggi | Program aksessabili-tas kesempatan mansyara-kat memanfaatkan institusi | 1. Pengembangan Penelitian dosen | 1
penel-itian/thn |
2 penelitian/th | 2 penelitian/th | 2 penelitian/th | 2 penelitian/th | |||
2. Jurnal kampus (Jikomstik) | √ | – | – | – | Terakreditasi dikti | ||||||
3. Keterlibatan program studi dalam perlombaan atau festival akademik yang diadakan piha luar | 2 keg | 3 keg | 4 keg | 4 keg | 4 keg | ||||||
Program keadilan pemerataan pendidikan tinggi | 1. Promosi penerimaan mahasiswa baru | 30 keg | 35 keg | 40 keg | 45 keg | 50 keg | |||||
2. Optimalisasi fungsi unit pelayanan akademik (Peningkatan Kapasitas Hosting dalam MB) | 80% | 80% | 85% | 90% | 90% | ||||||
Program kemitraan pengembangan pendidikan tinggi berkelanjutan | 1. Aplikasi pendekatan ilmu melalui PKL disesuaikan dengan Kondisi lokasi | 1keg | 1 keg | 1 keg | 2 keg | 2 keg | |||||
2. Memasyarakat-kan hasil Penelitian melalui dikti | 1 keg | 1 keg | 2 keg | 2 keg | 2 keg | ||||||
5 | Pengembangan berkelanjutan | Status institusi bagi masyarakat | 1. Peningakatn status akreditasi kampus | – | – | Terakerditasi Baik | – | – | |||
Program optimalisasi unit penunjang pelayanan akademik | 1. Pengembangan standarisasi sarana dan prasarana akademik | 80% | 80% | 85% | 90% | 90% | |||||
2. Pelatihan penyusunan laporan keuangan | 1 keg | 1 keg | 1 keg | 2 keg | 2 keg |
Profil Lulusan
– Staff manager EDP pada perusahaan swasta seperti jasa, dagang, pabrikasi dan pemerintahan.
– Data base administrator
– Sistem analis dibidang sistem informasi akuntansi
– Programmer di bidang sistem informasi akuntansi
– Staff konsultan sistem informasi akuntansi
– Staff keuangan dan accounting yang memanfaatkan teknologi informasi
– Wirausahawan
Keahlian Lulusan
– Menguasai sistem data base berbasis informasi akuntansi
– Terampil dibidang komputerisasi akuntansi
– Menguasai aplikasi sistem komputerisasi akuntansi
– Mampu berkomunikasi secara aktif, bekerjasama dalam tim, bersikap mandiri dan menghasilkan karya-karya inovatif di bidang komputerisasi akuntansi
– Memiliki etika dan moral seta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
– Mampu mengelola laporan keuangan
Profesi
Akuntansi Program Developer and desaigner, Pemeriksa Akuntansi,Desaigner sistem akuntansi perusahaan, Analis laporan keuangan
Prospek Lulusan
Bidang Ilmu Komputerisasi Akuntansi merupakan bidang yang selalu berkembang dan sangat dibutuhkan dalam mengisi formasi kerja baik sektor formal dan informal. Disektor formal misalnya di Instansi Pemerintah, Perbankan, Perusahaan swasta dan pemerintah, pendidikan dan latihan. Sedangkan di sektor informal dapat menjadi pemain utama dalam industry jasa konsultansi, pengembang aplikasi sistem akuntansi perusahaan dan lembaga pemerintahan.